Belajar Hidup Santai


Diberdayakan oleh Blogger.
Sebagian Artikel di Blog ini adalah Milik Teman-Teman Bloger, Mohon Maaf Jika Link tidak Disertakan

Rabu, 25 Juli 2012

Logic Gates

Logic gates dasar adalah And, Or dan Not. Gerbang-gerbang ini bekerja terhadap masukan-masukan logika dan memberikan keputusan pada keluarannya. Pengertian logika dapat memiliki nilai seperti pada Tabel berikut.

Tabel nilai logika

And Logic
Gerbang And dua masukan memiliki simbol seperti pada Gambar 1. Logika ini akan memiliki output bernilai benar (logika tinggi) jika kedua masukannya bernilai benar (logika tinggi). Jika dilambangkan dengan rangkaian saklar, maka seperti terlihat pada Gambar 2. Output ( 3 ) akan berlogika tinggi (tegangan 5 volt) jika kedua saklarnya tertutup. Jika rangkaian saklar diganti menggunakan transistor, maka output (3) berlogika tinggi ( 5 volt) jika 1 dan 2 juga berlogika tinggi (5 volt). Karena memiliki dua masukan maka akan terdapat empat kemungkinan dari kombinasi logika, hal ini dapat dilihat pada tabel kebenaran dari gerbang and dua masukan.


Gambar 1. And Logic


Gambar 2. Rangkaian gerbang and menggunakan saklar dan transistor.

Tabel kebenaran gerbang and dua masukan



Or Logic
Gerbang or dua masukan memiliki simbol seperti pada Gambar 3. Logika ini akan memiliki output bernilai benar (logika tinggi) jika minimal satu masukannya bernilai benar (logika tinggi). Jika dilambangkan dengan rangkaian saklar, maka seperti terlihat pada Gambar 4. Output ( 3 ) akan berlogika tinggi (tegangan 5 volt) jika terdapat minimal satu saklarnya tertutup. Jika rangkaian saklar diganti menggunakan transistor, maka output (3) berlogika tinggi ( 5 volt) jika minimal satu masukannya berlogika tinggi (5 volt). Seperti halnya gerbang and dua masukan maka gerbang or dua masukan juga memiliki empat kemungkinan dari kombinasi logika, hal ini dapat dilihat pada tabel kebenaran dari gerbang or dua masukan.

Gambar 3. And Logic

Gambar 4. Rangkaian gerbang or menggunakan saklar dan transistor.
 
 
Tabel kebenaran gerbang or dua masukan
 
Not Logic
Berbeda dengan dua gerbang sebelumnya, gerbang not hanya memiliki satu masukan. Gerbang not memiliki fungsi untuk membalikkan logika masukan. Jika logika masukan bernilai tinggi (5 volt), maka keluarannya akan berlogika rendah, demikian juga sebaliknya. Gerbang ini memiliki simbol seperti ditunjukan oleh Gambar 5. Jika diwujudkan dalam rangkaian saklar dan transistor maka salah satu bentuk rangkaiannya adalah seperti terlihat dalam Gambar 6.

Gambar 5. And Logic
 
 
Gambar 6. Rangkaian gerbang or menggunakan saklar dan transistor.

Tabel kebenaran gerbang not

Other Gates
Selain tiga jenis gerbang logika di atas, masih terdapat beberapa gerbang logika lainnya yaitu NAND, NOR EXOR dan EXNOR yang merupakan kombinasi dari fungsi tiga gerbang di atas.

sumber:http://trensains.com/logic_gate.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger