Belajar Hidup Santai


Diberdayakan oleh Blogger.
Sebagian Artikel di Blog ini adalah Milik Teman-Teman Bloger, Mohon Maaf Jika Link tidak Disertakan

Jumat, 15 Juli 2011

Mahkluk Mitos Didunia Yang Terkenal

1. Naga
Kata naga berasal dari bahasa sanskerta atau india kuno yang berarti "ular". Dalam naskah Mahabrata dikisahkan bahwa para Naga merupakan anak-anak Resi Kasyapa dari perkawinannya dengan Dewi Kadru. Nama-nama mereka yang terkenal antara lain Sesa, Taksaka, Basuki , Karkotaka, Korawya, dan Dritarastra. Bangsa Naga yang berjumlah ribuan memiliki dua orang sepupu berwujud burung dan disebut sebagai bangsa Kaga. Keduanya bernama Aruna dan Garuda, yang merupakan putra dari Dewi Winata yang juga dinikahi Resi Kasyapa. Dengan demikian, hubungan antara Naga dengan Kaga selain sebagai sepupu juga sebagai saudara tiri. Meskipun demikian hubungan mereka kurang baik dan sering terlibat perselisihan. Di antara para Naga ada pula yang menjadi dewa, yaitu Sesa, yang tertua di antara putra Kadru. Ia memisahkan diri dari adik-adiknya dan hidup bertapa menyucikan diri. Ia akhirnya diangkat sebagai dewa para ular, bergelar Ananta. PADA 4 Maret 2010, di Xinwei Ancient Life Fossils Museum, Anshun, Guangzhou, ada beberapa fosil unik dipamerkan. Materi yang dipamerkan dinamakan ”China Dragon Fossils”, merupakan fosil utuh yang ditemukan di bawah timbunan es abadi di Pegunungan Thianshan, Jalan Sutera. 

2.Yeti
Berbicara soal pegunungan Himalaya, maka kita tak bisa lepas dari sosok makhluk misterius bernama Yeti. Meski keberadaannya masih diragukan, namun penduduk desa di Himalaya dan para pemburu di sana percaya Yeti adalah penghuni di pegunungan Hilamaya.Yeti atau manusia salju yang menakutkan adalah sejenis primata besar yang menyerupai manusia yang menghuni wilayah pegunungan Himalaya di Nepal dan Tibet. Nama Yeti dan Meh-Teh umumnya digunakan secara luas oleh masyarakat di wilayah tersebut, dan dianggap sebagai kisah sejarah dan mitos yang masih misterius. Orang-orang Nepal juga menyebutnya “Bonmanche” yang berarti “manusia liar” atau “Kanchanjunga rachyyas” yang berarti “Iblis Kanchanjunga.”
Tahun 1832, makhluk misterius ini pertama kali mencuat ke dunia. Ketika itu perwakilan Inggris yang berada di Nepal bernama B.H. Hodgson mengaku pernah bertemu makhluk dengan ciri-ciri fisik berbulu hitam tidak berekor dan berjalan tegak. Ratusan tahun berselang pada 1951, pendaki Inggris bernama Eric Shipton bahkan mensiarkan foto-foto jejak kaki Yeti. Jejak kaki itu panjangnya 13 inci dengan lebar 8 inci. Mulai itulah nama Yeti mulai terkenal di dunia. Namun sampai saat ini kebenaran tentang adanya mahluk ini belum bisa dibuktikan.

3. Loch Ness
Loch Ness adalah salah satu dari hewan mistis legendaris. Monster ini kali pertama diklaim terlihat di danau Loch Ness, Skotlandia.  Sebuah surat yang ditujukan  kepada Wakil Menteri Luar Negeri Skotlandia 70 tahun lalu melaporkan penampakan besar-besaran monster berleher panjang ini. Seperti dilansir web.orang.co.uk,  surat 70 tahun lalu itu atas nama Williaw Fraser, seorang Kepala Polisi Kota Administratif Inverness, Skotlandia. Surat itu ditemukan baru-baru ini di Arsip Nasional Skotlandia.Pada surat tertera tahun sekitar 1930 itu menyebutkan sejumlah penampakan besar-besaran dari monster berleher panjang seperti Plesiosaurus, dinosaurus reptil berleher panjang. Menurut Claire Fischer from dari MCS, Pearce memergoki keberadaan mahluk diduga monster dalam jarak 20 meter dari pantai Saltern Cove, dekat Goodrington. "Penampakan mahluk aneh itu terjadi pada 27 Juli 2010 pada pukul 15.30 WIB, namun kamera hanya menangkap gambarnya saat dia pergi menjauh," kata dia, seperti dimuat laman News.com.au.

4. Ogopogo.
Dari hiruk pikuk dunia Cryptozoology, terselip satu nama makhluk misterius yang mendiami danau Okanagan di Kanada. Makhluk tersebut terkenal dengan nama Ogopogo atau Naitaka, yang terjemahan bebasnya dapat berarti “setan danau”, dan diduga pertama kali terlihat sejak abad ke-19. Telah banyak foto dan video beredar yang diduga sebagai penampakan Ogopogo, Cryptozoolog Roy Mackal yakin bahwa tidak hanya satu ekor Ogopogo yang mendiami danau Okanagan, melainkan ada sekelompok Ogopogo. Para penulis juga melakukan penyelidikan atas lusinan laporan penampakan dan melakukan wawancara dengan sekian orang terkait, yang kemudian melahirkan buku "The Okanagan Mystery" karya Mary Moon dan "Ogopogo" karya Arlene Gaal. Ogopogo dideskripsikan sebagai makhluk yang mirip hewan purba plesiosaurus, memiliki panjang sekitar 12 hingga 15 meter, namun pada beberapa laporan penampakan mengklaim bahwa panjangnya lebih dari 20 meter. Berwarna biru hitam, coklat atau hitam, bentuk kepala seperti kambing atau kuda, dan memiliki dua sirip. Seperti halnya Nessie dari Lochness, Ogopogo diduga kuat sebagai hewan purba yang sanggup bertahan hidup hingga kini. 

5 Ahool
Makhluk ini disebut Ahool. Ahool dikatakan seperti kelelawar raksasa atau pterosaurus yang masih hidup. Ahool dikatakan sebesar anak berumur satu tahun dengan lebar sayap raksasa sekitar 10 kaki(3 meter). Tinggal di hutan hujan terdalam Jawa. Makhluk ini memiliki kepala seperti monyet atau kera dengan Mata besar berwarna hitam. Tubuhnya ditutupi rambut berwarna abu-abu gelap.Ahool pertama kali dilihat oleh Dr.Ernest Bartels yang pada saat itu sedang menyusuri Gunung Salak.Pada tahun 1925 Dr.Ernest Bartels yang sedang mejelajahi air terjun di lereng gunung salak, saat itu Kelelawar Raksasa menukik terbang diatas kepalanya.Pada tahun 1927, sekitar pukul 11:30 malam, ketika Dr. Ernest Bartels berbaring di tempat tidurnya dalam pondoknya dekat sungai Tjidjenkol di Jawa barat, dia mendengar suara aneh dari yang berasal dari atas pondoknyaberbunyi A Hool, dan tampaknya suara ini semakin keras.Dr. bpBartels mengambil obor dan keluar dari pondok. Kurang dari 20 detik dia mendengar lagi suara A Hool. Ternyata itu adalah kelelawar raksasa yang dia lihat dua tahun lalu.

6. Manusia serigala
Kasus manusia serigala yang mencolok terjadi di Prancis, awal abad  XVII. Adalah Jean Grenier (13) yang merasa yakin dirinya manusia serigala. Di pengadilan Bordeaux, Grenier mengaku, 2 tahun sebelumnya membuat perjanjian dengan setan di hutan. Dengan kulit serigala yang menurut pengakuannya pemberian setan, tiap malam ia bisa berkeliaran sebagai serigala, namun di siang hari kembali ke bentuk manusia. Ia telah membunuh dan memangsa beberapa anak kecil yang sendirian di ladang, juga menculik bayi yang ditinggal di rumah.


7. Tsuchinoko
Tsuchinoko (ツチノコ) adalah Hewan yang dilaporkan ada di Jepang tapi belum pernah bisa dibuktikan (. Bentuknya seperti Ular namun berperut gendut mirip botol atau pin boling  dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus . Hewan ini dilaporkan pernah "dilihat" saksi mata di berbagai tempat di Jepang, kecuali di hokkaido dan kepulauan Ryukyu . Hingga kini, tsuchinoko belum pernah berhasil ditangkap orang karena saksi mata menjadi takut, atau hewan ini lebih dulu melarikan diri.
Nama "Tsuchinoko" berasal dari nama lokal untuk "hewan" ini menurut penduduk daerah Kansai (Kyoto, Mie, Nara, dan Shikoku). Di daerah Kanto, penduduk menyebutnya sebagai bachihebi. Beberapa pemerintah daerah di Jepang menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi orang yang berhasil menangkap tsuchinoko. Hadiah uang sebesar 100 juta yen pernah ditawarkan kota Itoigawa , Niigata.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger